P. Francis J. Peffley


Francis J. Peffley dilahirkan pada tanggal 16 Maret 1963 di Norristown, Pennsylvania dari pasangan William dan Mary Peffley. Francis mempunyai dua orang saudari, Edel dan Natia. Tahun 1986 ia lulus dari Christendom College di Front Royal, Virginia dengan gelar Sarjana Muda Teologi. Francis kemudian melanjutkan pendidikannya di Mount Saint Mary's Seminary in Emmitsburg, Maryland di mana ia mendapatkan formasi imamat dan menerima gelar Sarjana Ketuhanan dan Teologi Moral. Pastor Peffley ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 19 Mei 1990 oleh Uskup John R. Keating.

Karya pastoralnya diawali sebagai pastor pembantu di Paroki St. Andrew the Apostle di Clifton (1990-1994), Paroki Our Lady of Angels di Woodbridge (1994-1998), Paroki St. Louis di Alexandria (1998-2000) dan di Paroki St. Mary di Fredericksburg (2000-2001). Pada bulan Juni 2001, Pastor Peffley ditetapkan sebagai Administrator dari suatu paroki yang baru dibentuk, Holy Trinity, di Bristow/Gainesville, Virginia, yang termasuk dalam Keuskupan Arlington.

Di samping tugas kewajibannya di paroki, Pastor Peffley teristimewa aktif dalam pelayanan kaum muda paroki, retret, katekese Katolik, dan pewartaan. Ia juga mengabdikan diri sebagai Pembimbing Rohani Keuskupan untuk Legio Maria, suatu organisasi kerasulan di mana ia telah menjadi anggotanya selama lebih dari 23 tahun. Selama delapan tahun belakangan ini, ia juga menjadi Imam untuk Knights of Columbus di setiap paroki di mana ia melayani. Minat dan hobi Pastor Peffley meliputi juggling (melambungkan dan menangkap obor api  dan belati di udara), golf, scuba diving, bowling, billiard, dan mengkoleksi kartu baseball.

Pastor Peffley menulis banyak artikel religius yang diterbitkan di berbagai publikasi, di antaranya Homiletic and Pastoral Review, Queen Magazine, Maria Legionis, Lay Witness, dan the Arlington Catholic Herald. Beberapa artikel tulisannya juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dapat dibaca di situs Yesaya. Rekaman audio tapes Pastor Peffley telah mencapai lebih dari seratus banyaknya mengenai spiritualitas, para kudus, ajaran iman, evangelisasi, dan keluarga.

Pada tahun 1998, suatu karya tulis oleh seorang siswa dari Paroki Our Lady of Angels yang menyebutnya sebagai “Imam Favoritku” memenangkan kontes yang disponsori oleh Komisi Panggilan Keuskupan Arlington.


“Saya percaya panggilan saya dibentuk dalam tiga cara: dari teladan dan inspirasi yang saya terima dari keluarga, dari formasi spiritual dan akademik yang saya terima dari Christendom College, dan dari keterlibatan saya dalam Legio Maria. Saya percaya keterlibatan saya dalam Legio Maria telah menghantar saya ke suatu kerinduan yang bahkan terlebih mendalam untuk melayani Allah secara total melalui imamat.”
~ P. Francis J. Peffley


Sumber : 1. “Reverend Francis J. Peffley - Biographical Sketch”; Father Peffley's Web Site; www.transporter.com/fatherpeffley; 2. “Fr. Francis Peffley”; Copyright ©2001 Arlington Catholic Herald, Inc. All rights reserved; www.catholicherald.com

Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “disarikan dan diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya”