P. William P. Saunders, Ph.D.


 MASA KANAK-KANAK

William P. Saunders dilahirkan pada tanggal 9 Maret 1957 di Washington, DC dari pasangan Dr. Joseph F. dan Pauline C. Saunders. Pada tahun 1959, keluarganya pindah ke Springfield, Virginia di mana ia dibesarkan. William mempunyai seorang kakak bernama Joseph F. Saunders, Jr.

Setamat dari West Springfield High School sebagai wakil kelas dalam menyampaikan pidato perpisahan pada tahun 1975, ia melanjutkan pendidikan di College of William and Mary, Williamsburg, Virginia. Ia lulus pada tahun 1979 dengan gelar Sarjana Muda Administrasi Bisnis jurusan Akuntansi dan dengan keanggotaan dalam Beta Gamma Sigma Honor Society.

Dalam musim panas setelah lulus kuliah, William berusaha memusatkan diri pada panggilan imamat, yang merupakan pergulatan batinnya sejak masa kuliah. Ia mengajukan diri ke Keuskupan Arlington, Virginia agar diperkenankan masuk seminari, dan dihantar ke St. Charles Borromeo Seminary, Philadelphia, Pennsylvania. Pada tahun 1984 William menamatkan pendidikannya di St. Charles Seminary dengan gelar Sarjana Teologi dengan hasil Summa cum laude dan ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 12 Mei.


 SEBAGAI IMAM

P Saunders melayani sebagai Pastor Pembantu di St. Mary Catholic Church di Alexandria, Virginia (1984-1988), sebagai Pastor Mahasiswa dan Assiten Professor Teologi untuk Marymount University, Arlington, Virginia (1988-1993), Pastor Pembantu (1993-1995) dan akhirnya Pastor Kepala Paroki (1995-2000) Queen of Apostles Catholic Church di Alexandria, Virginia.

Sepanjang masa itu, P Saunders mengenyam pendidikan pula di Catholic University dan meraih gelar Doktor Filsafat dalam Administrasi Pendidikan pada tahun 1992.

P Saunders ditunjuk sebagai Rektor Notre Dame Institute for Catechectics pada tahun 1992, suatu sekolah yang menawarkan gelar sarjana dalam Kateketik, Kitab Suci, dan Spiritualitas. Pada tanggal 1 Februari 1997, Notre Dame Institute merger secara resmi dengan Christendom College, Front Royal, Virginia, menjadi Notre Dame Graduate School. Ketika itu, P Saunders ditunjuk sebagai Dekan sekolah tersebut.


 “STRAIGHT ANSWERS”

Selama tigabelas tahun, sejak Oktober 1993 hingga Juni 2006, P Saunders menulis suatu kolom mingguan yang diberi nama “Straight Answers” untuk Arlington Catholic Herald. Koleksi dari 100 kolom ini diterbitkan sebagai buku pertamanya “Straight Answers: Answers to 100 Questions about the Catholic Faith”, dipublikasikan pada bulan Desember 1998 oleh Cathedral Foundation Press. Baru-baru ini diterbitkan pula buku berikutnya, “Straight Answers: Vol. II”.

Straight Answers menawarkan kepada umat Katolik suatu tanggapan sederhana dan langsung atas banyak pertanyaan mengenai Gereja Katolik. Di sana disajikan banyak kebenaran kita yang mendalam dalam bahasa yang sangat sederhana bagi mereka semua yang mencari pemahaman yang lebih baik akan iman mereka. Buku ini amat dianjurkan bagi segenap umat Katolik, baik bagi kalangan muda maupun orang dewasa. Sebagian dari artikel Straight Answers tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dapat dibaca dalam situs Yesaya.


 KARYA PASTORAL SAAT INI - Our Lady of Hope

Segala pendidikan dan pengalamannya hingga kini memang diperlukan guna mempersiapkan Pastor Saunders untuk menghadapi tantangan berikutnya. Pada tanggal 29 Maret 2000, beliau ditunjuk oleh Uskup Paul S. Loverde, Uskup Diosesan Arlington, Virginia untuk membangun sebuah paroki baru di Potomac Falls, Virginia. Penunjukan ini diumumkan secara publik pada tanggal 6 Juni 2000 di Arlington Catholic Herald.

Paroki Our Lady of Hope mempersembahkan Misa Perdana pada tanggal 6 Agustus 2000 di Potomac Falls High School. Pastor Saunders secara resmi ditetapkan sebagai Pastor Kepala Paroki oleh Msgr. James W. McMurtrie, Episcopal Vicar untuk Pengembangan Paroki untuk Keuskupan Arlington, atas nama Uskup Loverde.

Sumber : “Our Pastor - Rev. William P. Saunders, Ph.D.”; © Copyright 2000-2007, Our Lady of Hope Roman Catholic Church - Potomac Falls, Virginia; www.ourladyofhope.net

Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “diterjemahkan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya”