BAPA SUCI YOHANES PAULUS II
(KAROL JÓZEF WOJTYLA)
DALAM KENANGAN


Karol Jozef Wojtyla dilahirkan pada tanggal 18 Mei 1920 di Wadowice, Cracow, sebagai yang bungsu dari dua putera pasangan Karol Wojtyla dan Emilia Kaczorowka.
Karol menerima Komuni Pertama pada usia 9 tahun. Murid yang cerdas. Hobi berbagai macam olah raga, mulai renang, hingga ski dan mendaki gunung.
Senang berperan dalam drama, bahkan pernah bercita-cita menjadi seorang aktor!
1 November 1946 ditahbiskan menjadi imam di Cracow.


28 September 1958 ditahbiskan sebagai Uskup di Katedral Wawel, Cracow. 13 Januari 1964 diangkat sebagai Uskup Agung Cracow oleh Paus Paulus VI dan 26 Juni 1967 diangkat menjadi Kardinal.

HABEMUS PAPAM...!


 Ketika asap putih mengepul dari Kapela Sistine, tempat diadakan  konklaf pemilihan Paus, seluruh umat bersorak dan menunggu pengumuman nama sang pengganti St. Petrus yang terpilih. Habemus papam... kita mempunyai Paus... begitulah awal pengumuman gembira... Dan sesudah namanya disebut, Paus baru tampil dan mengucapkan kalimat pertamanya sebagai Paus, yakni Sia lodato Gesù Cristo dan lautan umat manusia menjawab: Sempre sia lodato. Artinya: terpujilah Yesus Kristus; terpujilah senantiasa!
16 Oktober 1978, pukul 5:15 sore, Kardinal Karol Wojtyla terpilih sebagai Paus yang ke-264. Menghormati pendahulunya, Paus Yohanes Paulus I, Sri Paus memilih nama Yohanes Paulus II.

lihat halaman selanjutnya...

Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “disarikan oleh YESAYA: www.indocell.net/yesaya”