Kaplet Kanak-Kanak Yesus dari Praha


  KAPLET KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA
  NOVENA KEPADA KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA  
  NOVENA PENUH KUASA DALAM KEPERLUAN MENDESAK
  DOA BAPA SUCI BENEDIKTUS XVI KEPADA KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA
  DOA SEORANG SAKIT KEPADA KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA



    KAPLET KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA

Kaplet kepada Kanak-kanak Yesus, sering disebut juga "Mahkota Kecil untuk Kanak-kanak Yesus", diajarkan sendiri oleh Yesus kepada Venerabilis Margaret dari Sakramen Mahakudus (Margaret Parigot, 1619-1648), seorang biarawati Karmel Tak Berkasut dari Perancis. Yesus memintanya untuk memperkenalkan kaplet ini di kalangan umat beriman dan menjanjikan rahmat-rahmat khusus, teristimewa kemurnian hati dan kepolosan kanak-kanak, kepada semua yang membawa dan mendaraskan kaplet demi menghormati misteri masa kanak-kanak-Nya yang suci. Sebagai tanda, Yesus memperlihatkan kaplet yang berkilauan cahaya surgawi kepada Sr Margaret.

Kaplet terdiri dari 15 manik-manik: 3 manik Bapa Kami demi menghormati Keluarga Kudus, dan 12 manik Salam Maria demi mengenang duabelas tahun masa kanak-kanak Yesus. Kaplet didaraskan (teristimewa mulai tanggal 17 hingga 25 Desember) sebagai berikut:

  Pembukaan: (didaraskan pada medali)

      “Kanak-kanak Yesus yang Ilahi, aku menyembah salib-Mu, dan aku bersedia menerima semua salib yang Engkau perkenankan dikirim untukku. Tritunggal Mahakudus yang mulia, aku mempersembahkan kepada-Mu, segala puji dan kebaktian kepada Hati Kudus Kanak-kanak Yesus yang Tersuci, demi kemuliaan Nama Allah Yang Kudus.

Sabda telah menjadi daging dan tinggal di antara kita.”


   Bapa Kami…. 3x (didaraskan pada tiga manik pertama) untuk menghormati Keluarga Kudus: Yesus, Maria, Yosef.
Diakhiri dengan Sabda telah menjadi daging dan tinggal di antara kita.


  Salam Maria... 12x untuk mengenang 12 tahun masa Kanak-kanak Yesus.

1.
2.
3.
4.
5.
Yesus Disunat
6.
7.
8.
9.
10.
Kembali dari Mesir
11.
12.
 * Link merujuk pada saran bacaan untuk membantu merenungkan peristiwa-peristiwa yang dikenangkan. Bacaan diambil dari "INJIL SEBAGAIMANA DIWAHYUKAN KEPADAKU" oleh: Maria Valtorta


  Penutup:

“Kanak-kanak Yesus yang Kudus, berkatilah dan lindungilah kami.”



    NOVENA  KEPADA KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA

didaraskan teristimewa mulai tanggal 17 hingga 25 Desember

“Yesus terkasih, Kanak-kanak Kudus dari Praha, betapa Engkau mengasihi kami dengan lemah lembut. Sukacita-Mu yang terbesar adalah tinggal di antara kami dan melimpahkan berkat-Mu atas kami. Meski aku tak pantas mendapatkan pertolongan-Mu, aku merasa terpikat kepada-Mu oleh kasih, sebab Engkau baik hati dan penuh belas kasihan.

Begitu banyak yang berpaling kepada-Mu dengan penuh kepercayaan telah menerima dan mendapati permohonan-permohonan mereka dikabulkan. Pandanglah aku sementara aku datang di hadapan-Mu, membuka hatiku kepada-Mu dengan doa-doa dan pengharapan. Aku haturkan kepada-Mu secara istimewa permohonan ini, yang aku percayakan kepada Hati-mu yang penuh belas kasih: (sebutkan permohonan).

Merajalah atasku, ya Kanak-kanak Yesus terkasih, dan lakukanlah kepadaku dan kepada milik kepunyaanku seturut kehendak-Mu yang kudus, sebab aku tahu bahwa dalam kebijaksanaan dan kasih ilahi-Mu, Engkau akan mengatur segala sesuatunya demi yang terbaik. Janganlah kiranya Engkau menarik tangan-Mu daripadaku, melainkan lindungilah dan berkatilah aku selamanya.

Aku berdoa kepada-Mu, ya Kanak-kanak Yesus yang mahakuasa dan pengasih, demi masa kanak-kanak-Mu yang kudus, dalam nama BundaMu Maria yang Tersuci, yang merawat-Mu dengan kelemah-lembutan begitu rupa, dan dengan penghormatan mendalam kepada St Yosef yang menggendong-Mu dalam pelukannya, sudi tolonglah aku dalam kesulitanku. Ijinkanlah aku mengecap bahagia sejati bersama Engkau, ya Kanak-kanak Kudus terkasih, sekarang dan dalam keabadian, dan aku akan mengucap syukur kepada-Mu untuk selama-lamanya dengan segenap hatiku. Amin.”



    NOVENA  PENUH KUASA DALAM KEPERLUAN MENDESAK

didaraskan di setiap jam selama sembilan jam berturut-turut dalam satu hari

Ya Yesus, Engkau bersabda, "Mintalah maka akan diberikan kepadamu; carilah maka kamu akan mendapat; ketuklah maka pintu akan dibukakan bagimu." Dengan perantaraan Maria BundaMu Tersuci aku memanggil Engkau, aku mencari, aku mengetuk, aku memohon agar doaku dikabulkan.

(Sebutkan permohonan)

Ya Yesus, Engkau bersabda: "Apa saja yang kau minta kepada BapaKu dalam nama-Ku, Ia akan memberikannya kepadamu." Dengan perantaraan Maria, BundaMu Tersuci, dengan rendah hati dan sungguh-sungguh, aku mohon kepada BapaMu dalam nama-Mu, agar doaku dikabulkan.

(Sebutkan permohonan)

Ya Yesus, Engkau bersabda: "Langit dan bumi akan berlalu, tetapi Sabda-Ku tidak akan berlalu." Dengan perantaraan Maria BundaMu Tersuci, aku yakin bahwa permohonanku akan dikabulkan.

(Sebutkan permohonan)



    DOA BAPA SUCI BENEDIKTUS XVI KEPADA KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA

O Tuhan-ku Yesus,
kami memandang-Mu sebagai seorang bayi
dan percaya bahwa kau adalah Putra Allah,
yang menjadi manusia
dalam rahim Perawan Maria,
melalui karya Roh Kudus.
Sama seperti di Betlehem,
kami juga, bersama Maria dan Yosef,
para malaikat dan para gembala,
menyembah-Mu dan mengakui-Mu
sebagai satu-satunya Juruselamat kami.
Engkau menjadi miskin
demi memperkaya kami dengan kemiskinan-Mu.
Anugerahilah agar kiranya kami tidak pernah melupakan mereka yang miskin
dan mereka semua yang menderita.
Lindungilah keluarga-keluarga kami,
berkatilah semua anak-anak di dunia,
dan anugerahilah agar kiranya kasih yang Engkau bawa bagi kami
dapat senantiasa berkuasa di antara kami
dan memimpin kami kepada kehidupan yang lebih bahagia.
Berilah anugerah-Mu, o Yesus,
agar semua orang dapat mengenal kebenaran atas kelahiran-Mu,
agar mereka dapat tahu
bahwa Engkau datang untuk membawa
bagi segenap keluarga manusia
terang, sukacita dan damai.
Engkau yang hidup dan berkuasa
bersama Allah Bapa
dalam persatuan dengan Roh Kudus
Allah yang Esa, selama-lamanya.
Amin.



    DOA SEORANG SAKIT KEPADA KANAK-KANAK YESUS DARI PRAHA

O Kanak-kanak Yesus yang Maharahim! Aku tahu perbuatan-perbuatan mukjizat-Mu untuk mereka yang sakit. Betapa banyak penyakit yang Engkau sembuhkan sepanjang masa hidup-Mu yang terberkati di dunia, dan betapa banyak devosan patung mukjizat-Mu mendapatkan dari-Mu kesembuhan dan kebebasan dari penyakit yang paling menyakitkan dan tanpa harapan.

Aku tahu, sesungguhnya, seorang pendosa sepertiku pantas diganjari penderitaan dan tak berhak untuk meminta kemurahan. Tetapi mengingat tak terbilang banyaknya rahmat dan mukjizat kesembuhan yang dianugerahkan bahkan kepada para pendosa terbesar sekalipun melalui devosi kepada kanak-kanak kudus-Mu, teristimewa kepada patung mukjizat dari Praha, aku berseru dengan penuh keyakinan:

O Kanak-kanak Yesus yang paling penuh kasih, paling berbelas-kasihan, Engkau dapat menyembuhkanku jika Engkau mau! Janganlah bimbang, o Dokter Surgawi, jika adalah kehendak-Mu bahwa aku sembuh dari penyakitku yang sekarang ini; ulurkanlah tangan-tangan terkudus-Mu, dan dengan kuasa-Mu enyahkanlah segala sakit dan kerapuhan, agar supaya kesembuhanku adalah bukan karena obat-obatan, melainkan karena Engkau semata.

Akan tetapi, jika dalam kebijaksanaan-Mu yang tak terselami Engkau menentukan yang sebaliknya, maka setidaknya pulihkanlah jiwaku ke kesehatan yang sempurna, penuhilah aku dengan penghiburan dan berkat surgawi, agar aku boleh serupa dengan-Mu, o Yesus, dalam penderitaan-penderitaanku, dan kiranya penyelenggaraan-Mu menyertai aku, hingga Engkau, di saat akhir hidup jasmaniku, menganugerahiku hidup abadi. Amin.

Disarikan dari 1. "The Miraculous Infant Jesus of Prague: 'The More you Honour Me the More I will Bless you'" by John - Paul Kirkham, © 2014 All Rights Reserved; www.mysticsofthechurch.com; 2. Devosi Kanak-kanak Yesus dari Praha, Gratia Pueri Iesu

Diperkenankan mengutip / menyebarluaskan artikel di atas dengan mencantumkan: “disarikan dan diterjemahkan oleh YESAYA: yesaya.indocell.net